Saturday, February 22, 2020

Cara Menciptakan Sushi Tanpa Memakai Beras Jepang


Cara Membuat Sushi Tanpa Menggunakan Beras Jepang

Kita sanggup menciptakan beras lokal jenis pulen dengan kualitas tinggi biar mendapat hasil nasi sushi yang serupa menyerupai menggunakan beras Jepang. Perlu diperhatikan juga tingkat kepulenan dan kelengketan nasi. Nasi sushi atau biasa disebut shari atau sushi meshi, merupakan elemen terpenting dalam menciptakan sushi. Namun tidak semua jenis beras sanggup dipakai untuk menciptakan nasi sushi. Salah satu syarat menciptakan nasi sushi yang benar yaitu tingkat kelengketan dari jenis nasinya.




Karena itu jenis beras Jepang dengan bentuk biji beras yang bulat-bulat yaitu yang paling tepat untuk dibentuk nasi sushi. Namun beras Jepang sangat sulit didapat di Indonesia. Kalaupun ada kemungkinan besar harganya sangat mahal. Untuk mengakalinya, Kita sanggup menggunakan beras lokal jenis pulen dengan kualitas tinggi biar mendapat hasil nasi sushi yang serupa menyerupai menggunakan beras Jepang. Perlu diperhatikan juga tingkat kepulenan dan kelengketan nasi. Sekalipun menggunakan beras pulen kualitas tinggi adakala tingkat kelengketannya belum tercukupi untuk standar nasi sushi. Nah, biar sesuai standarnya Kita sanggup mencampur beras pulen dengan beras ketan dimana perbandingannya 1 kg beras pulen : 100 gr beras ketan.




Selain jenis beras, hal penting yang juga wajib diperhatikan dikala menciptakan nasi sushi yaitu dosis bumbu yang tepat. Nasi sushi memiliki rasa dan aroma yang khas dikala dikonsumsi. Makara diharapkan komposisi yang pas antara cuka, garam dan gula. Gunakan jenis cuka beras dengan tingkat keasaman yang tidak terlalu pekat. Atau sanggup diganti dengan jenis cuka apel. Disarankan tidak menggunakan jenis cuka lokal lantaran tingkat keasamannya cukup tinggi. Berikut perbandingan dosis untuk menciptakan bumbu nasi sushi yang pas.






1. Beras, 200 gr : 300 gr : 400 gr
2. Air, 270 ml : 400 ml : 540 ml
3. Cuka, 20 ml : 30 ml : 40 ml
4. Gula, 1/2 sdm : 3/4 sdm : 1 sdm
5. Garam, 1/2 sdt : 3/4 sdt : 1 sdt




Bahan nasi dan bumbu sudah siap, selanjutnya langkah-langkah pembuatannya. Beras dan air yang sudah ditakar dimasak dalam sebuah panci bersama dengan lembaran Kombu. Kita sanggup mendapat kombu di swalayan yang khusus menjual bahan-bahan makanan Jepang. Namun jikalau tidak ada pemakaian kombu sanggup ditiadakan. Masak beras menyerupai biasa kemudian sesudah matang tuang nasi ke dalam wadah kayu yang biasa disebut hangiri. Sebetulnya pemakaian hangiri sangat penting lantaran wadah berbahan kayu akan mempercepat proses absorpsi bumbunya. Namun jikalau tidak ada sanggup menggunakan wadah dari materi lain.









Tuang larutan cuka, gula dan garam pada nasi kemudian aduk rata sambil dikipas-kipas untuk menghilangkan uap panasnya. Sebaiknya menggunakan sendok kayu dikala mengaduk nasinya. Setelah nasi benar-benar dingin, barulah siap dipakai untuk menciptakan sushi. Namun Kita juga sanggup menimbulkan nasi sushi untuk menciptakan onigiri. Sebab rasa nasi sushi yang gurih asam sanggup diolah untuk resep selain sushi. Nah, bagaimana Kita gampang bukan menciptakan nasi sushi tanpa menggunakan beras Jepang. Jangan lupa dipraktekkan ya tips tadi, selamat mencoba!

0 comments:

Post a Comment