Wednesday, April 22, 2020

Manfaat Dan Khasiat Buah Tomat Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

Manfaat Buah Tomat untuk Kesehatan dan Kecantikan Manfaat dan Khasiat Buah Tomat untuk Kesehatan dan Kecantikan
Manfaat dan Khasiat Buah Tomat


Manfaat dan Khasiat Buah Tomat untuk Kesehatan dan Kecantikan - Tomat yang mempunyai nama latin Lycopersicum esculentum Mill yaitu flora yang berasal dari Amerika Latin. Buah tomat mempunyai rasa yang sedikit asam dan sering dipakai untuk adonan kuliner menyerupai sup, semur, dan sambal tomat biar rasanya lebih sedap. Kadang juga dimakan begitu saja sebagai lalap atau camilan.


Saya sendiri biasa mengkonsumsi tomat dengan cara dipotong-potong kemudian ditaburi sedikit gula pasir. Rasanya sangat menyegarkan. Kami disini menyebutnya rujak tomat. Anda juga bisa menciptakan tomat sebagai jus dengan cara diblender.

Kandungan Gizi Buah Tomat

Salah satu senyawa yang paling banyak terkandung dalam buah tomat yaitu betakaroten, terutama likopen, yang oleh badan likopen ini diubah menjadi vitamin A. Bersama vitamin C dan vitamin E yang terkandung, menciptakan tomat mempunyai sifat antioksidan.

Penelitian menawarkan likopen akan lebih optimal diserap oleh badan sesudah diolah, entah menjadi sup atau saus tomat. Jadi, tambahkan tomat pada kuliner Anda sehari-hari.

Manfaat Tomat untuk Kesehatan


Selain bermanfaat sebagai materi kuliner untuk dikonsumsi, ternyata tomat juga mempunyai khasiat untuk kesehatan tubuh. Berikut ini beberapa manfaat tomat untuk kesehatan.

Mencegah Kanker

Laporan dari Journal of National Cancer Institute mengatakan, kaum laki-laki pengonsumsi 10 porsi kuliner berbahan dasar tomat jarang terkena kanker prostat. Diperkirakan berkat kandungan likopen.

Bukan cuma kanker prostat, penelitian dari Universitas Illinois pun menunjukkan, tomat sanggup menghindari tanda-tanda kanker rahim. Begitu juga kanker lambung, usus besar, rektum, dan pankreas.

Mecegah Penyakit Jantung

Penelitian terhadap para laki-laki Eropa menunjukkan, mereka yang dalam tubuhnya mempunyai kadar likopen tinggi, jarang terkena serangan jantung. Kandungan asam salisilat juga bisa mencegah pengentalan darah.

Melancarkan Pencernaan

Tomat yang kaya serat, air, dan mineral membantu proses pencernaan. Mineralnya merangsang pengeluaran air liur sehingga menambah nafsu makan. Kandungan asam malat dan asam sitratnya membantu mencgah terbentuknya watu empedu. Dengan sifatnya yang antiradang berkat zat tomatin, tomat sanggup mencegah radang usus buntu dan jalan masuk pernapasan.

Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Tomat sanggup membantu, mencegah asam urat. Vitamin A dan C pada tomat sanggup meningkatkan daya tahan tubuh.

Manfaat Buah Tomat untuk Kecantikan


Selain untuk kesehatan, buah tomat juga sering dipakai untuk perawatan kecantikan. Berikut ini manfaat buah tomat untuk kecantikan.

Menyehatkan Kulit

Vitamin B3 bisa menghaluskan kulit alasannya yaitu bisa melancarkan peredaran darah sehingga kulit mendapat kecukupan suplai makanan.

Menghilangkan Jerawat

Urusan bisul juga bisa ditaklukkan dengan tomat alasannya yaitu zat tomatinnya yang bersifat antiradang dan antibakteri. Caranya, tomat yang sudah dibelah cukup dioleskan ke wajah, biarkan hingga kering. Setelah itu, bilas wajah dengan air dingin.

Menghilangkan Komedo

Buah tomat bisa mengatasi duduk perkara komedo yang membandel. Dengan memakai masker tomat secara teratur, Anda akan mendapat hidung mulus tanpa bekas merah-merah bekas memencet komedo.

Memutihkan Wajah

Selain menghilangkan bisul dan komedo, tomat juga sanggup membantu memutihkan kulit wajah. Caranya dengan menciptakan masker tomat dicampur dengan air lemon dan oatmeal. Oleskan adonan jus tomat, lemon dan oatmeal pada wajah dan leher. Diamkan selama 10 menit, kemudian bilas dengan air hangat.

Kandungan Nutrisi dalam 100 gram buah tomat

  • Energi 20 kal
  • Protein 1,0 g
  • Lemak 0,3 g
  • Karbohidrat 4,2 g
  • Serat 1,2 g
  • Kalsium 5 mg
  • Fosfor 27 mg
  • Zat Besi 0,5 mg
  • Vitamin A 1.500 IU
  • Vitamin B1 0,06 mg
  • Vitamin C 40 mg
  • Air 94 g

Catatan:
Selain kaya manfaat, tomat juga mempunyai sisi negatif, terutama bagi mereka yang menderita radang menyerupai osteoartritis, dan radang sendi, juga mereka yang menderita asma. Dianjurkan tidak mengonsumsi buah tomat alasannya yaitu bisa memperparah penyakitnya.

0 comments:

Post a Comment