Thursday, May 14, 2020

Cara Menambah Berat Tubuh Secara Alami

Cara Menambah Berat Badan Secara Alami

Cara Menambah Berat Secara Alami - Saat yang lain berbondong-bondong mencari ramuan untuk merpertahankan – bahkan mengurangi – berat badan, sebagian judtru terjebak dalam raga yang (terlalu) kurus. Apa yang meyebabkan seseorang tidak sanggup gemuk? Bagaimana cara menyiasatinya?
Anda dikategorikan “underweight” atau kurus bila indeks massa tubuh (IMT) berada di bawah 18,5. Jika angka IMT di bawah 16,5 maka Anda termasuk sangat kurus atau “anorexic”. Nilai IMT diperoleh dengan membagi berat tubuh (dalam kg) dengan tinggi (dalam meter) kuadrat. Lantas, mengapa seseorang sanggup memilliki tubuh yang kurus, bahkan anoreksisk? Salah bila Anda menerka jawabannya sebatas porsi dan kalori kuliner yang diasup saja. Selai factor genetis, system metabolism yang cepat juga sanggup mengakibatkan sseorang sulit gemuk. Apalagi bila mengalami kelainan referensi makan, menyerupai bulimia – kebiasaan memuntahkan kembali makanan, sebab takut menambah berat tubuh – atau anorexia nervosa – kelainan referensi makan sebab ketakutan berlebih akan kegemukan.

Kurus juga merupakan manifesi sejumlah gangguan fisik dan psikologis. Penyakit kronis – semacam diabetes – dan gangguan psikologis, menyerupai stress atau depresi, sanggup mengakibatkan seseorang tidak sanggup gemuk. Tak hanya itu, Anda akan sulit gemuk bila rutin mengonsumsi beberapa jenis obat-obatan, atau bila acara fisik terlalu tinggi. Meski risiko obesitas lebih sering dibahas, bukan berarti kurus tidak ada efek sampingnya. Jika tuuh terlalu kurus, sistem imunitas juga cenderung lebih lemah. Akibatnya, Anda jadi lebih sering terjangkit alergi, pilek, batuk dan flu. Selain itu, Anda juga lebih rentan mengalami osteoporosis. Terlebih lagi, penduduk Asia memang mempunyai resiko kerapuhan tulang yang lebih tinggi, sebab ukuran tubuhya lebih kecil.

Di samping itu, energi juga lebih cepat terkuras. Alhasil, Anda jadi lebih sering letih dan malas, yang ujung-ujungnya mengganggu konsentrasi dan produktivitas di sekolah, maupun di kawasan kerja. Jadi, bagaimana cara mengatasinya? Setidaknya ada 8 cara yang sanggup Anda lakukan untuk menciptakan tubuh lebih serasi.

Perhatikan Proporsi Makan
Kata kuncinya yakni menentukan kuliner yang sempurna dan sehat. Perbanyak sayuran, buah dan materi kuliner yang serat karbohidrat kompleks serta protein. Proporsi ideal yakni 30-50% protein, 20-50 karbohidrat, dan 20-40% lemak. Khusus untuk lemak, sebaiknya Anda memilki jenis lemak omega-3 dan omega-6.

Perbanyak Kalori
Untuk menambah bobot sebanyak 0,5 kg, Anda butuh komplemen kalori dari kuliner setidaknya 3.500 kalori. Dari mana kalori komplemen tersebut? Anda sanggup memanenya dari gandum yang belum diproses, daging, telur dan susu. Selain itu, biasakan makan setidaknya tiga kali sehari, dan pilih kuliner karbihidrat kompleks. Jika perut sudah keroncongan sebelum waktunya, kuliner ringan berprotein tinggi akan menjadi yang kuasa penolong Anda.

Cukupi Protein
Makanan yang tinggi protein, menyerupai telur, daging, ayam dan ikan, akan membantu membentuk dari memperkuat oto. Jika Anda vegetarian, perbanyaklah asupan polong-polongan dan kacang.

Pilah-pilah minuman
Kalori komplemen juga sanggup berasal dari minuman, seperti koktail atau jus buah,susu dan susu kocok. Meski begitu, air putih tetaplah pilihan terbaik untuk melepaskan dahaga.

Hanya Lemak Baik
Walaupun hasrat untuk memilki tubuh berisi sudah tak terbendung, Anda tetap harus pilih-pilih jenis lemak yang akan dikonsumsi. Pilihan terbaik yakni asam lemak omega-3 dan omega-6, yang banyak terdapat pada walnut, alpukat, buah zaitun dan ikan salmon.

Mengudap  Bijak
Mengudap yakni salah satu cara termudah untuk menambah kalori. Tetapi, harus bijak dan selektif. Kudapan yang mengandung karbohidrat dan protein tinggi yakni pilihan paling pas. Begitupun buah yang sudah dikeringkan, yang mengandung kalori lebih tinggi dibandingkan buah segar.

Selang-seling Olahraga
Jika ingin menambah bobot, lakukan olahraga berinsitas tinggi, dan berfrekwensi rendas. Misalnya, bila acara gym Anda 3-4 kali seminggu, usahakan supaya durasi olahraga kunjungan tidak melebihi satu jam. Selain itu, sebaiknya Anda tidak berlatih beban, supaya kelompok otot besar sanggup terbentuk.

Cukup Tidur
Cukupi durasi tidur ideal selama 7-8 jam per malam. Sebelum beranjak ke kawasan tidur, minumlah segelas susu hangat terlebih dahulu. Selain membantu mempercepat proses tidur, Anda juga menerima komplemen kalori. Poin terakhir yakni kesabaran. Seperti halnya menurunkan berat badan, menambah berat tubuh juga butuh waktu. Karena itu, Anda harus konsisten, dan tidak gampang menyerah. Dukungan dari teman, pasangan dan keluarga akan sangat membantu mempertahankan motivasi Anda. Semoga Sukses..

0 comments:

Post a Comment