Thursday, May 28, 2020

Cara Menghindari Pengaruh Pestisida Pada Buah Dan Sayuran

Cara Menghindari Efek Pestisida pada Buah dan Sayuran Cara Menghindari Efek Pestisida pada Buah dan Sayuran
Cara Menghindari Efek Pestisida

Cara menghindari imbas dari pestisida yang menempel di buah ataupun sayuran itu mebenarnya mudah. Ada banyak racun dalam buah dan sayur, namun jangan khawatir ada banyak cara supaya Anda tidak terkena racun dari buah dan sayur yang Anda konsumsi. Ada berbgai cara untuk menghindari imbas pestisida pada buah dan sayuran. Buah dan sayuran yang sudah tidak diragukan lagi khasiatnya untuk kesehatan, dan ternyata juga bisa menjadi racun jikalau dikonsumsi dengan cara yang tidak tepat. Buah dan sayur yang diolah dengan tidak tepat, atau mempunyai ciri-ciri tertentu bisa menjadi racun yang membahayakan bagi kesehatan manusia. Bukan hanya mengolah yang salah, bahkan pada proses penanaman, buah dan sayur pun akibatnya bisa menjadi racun tersensiri bagi manusia. Misalnya saja penggunaan pestisida oleh petani, yang awalnya untuk mengendalikan, menolak, memikat, atau membasmi hama, penyakit dan gulma, jikalau dipakai berlebihan justru malah membahayakan kesehatan insan sebagai pengkonsumsi buah dan sayur yang ditanam.

Bebarapa penyakit yang ditimbulkan sebab pestisida :
· Kanker
· ADHD pada anak
· Gangguan sistem saraf
· Gangguan tiroid dan melemahkan system kekebalan tubuh.

Untuk menjaga diri dan keluarga biar tidak terhindar dari dampak negative pestisida, perlu pengolahan sayur dan buah yang akan dikonsumsi secara banar. Beberapa caranya ialah :
1. Cuci tangan Anda dengan higienis sebelum mencuci buah dan sayur.
2. Cuci buah dan sayur dengan higienis melalui air yang hangat.
3. Pakai sikat gigi atau sikat yang lembut untuk membersihkan pestisida dari buah dan sayur, serta tetap gunakan air yang hangat.
4. Buang daun terluar dari sayuran berdaun, kemudian bilas dengan air higienis dan mengalir.
5. Kupas kulit sayur dan buah yang mempunyai kulit tebal, terutama buah dan sayur yang dilapisi lilin, atau bisa juga dicuci dengan air hangat yang dicampur garam air lemon atau cuka.
6. Jangan memakai sabun atau detergen saat mencuci buah.
7. Belilah sayur organic biar lebih aman.
8. Konsumsi buah dan sayur jangan terlalu berlebihan. Lebih baik memankannya sedikit demi sedikit dan memilki rentang waktu, sehingga organ badan yang bertanggungjawab terhadap racun masih bisa menetralisir.
9. Jika Anda mempunyai lahan di rumah, lebih baik menanam sayur dan buah tanpa memakai pestisida.

Tujuan dari mencuci dengan air mengalir ialah menghilangkan residu pestisida yang menempel dan mongering dalam buah dan sayur. Faktanya pestisida diketahui sebagai salah satu penyebab penyakit Parkinson, merusak sel-sel otak, dan memicu penyakit artritis. Sebenarnya ada beberapa cara untuk mengkonsumsinya antara lain :

1.Pergunakan larutan cuka dicampur dengan air higienis dengan perbandingan 1 cuka : 3 air.
2.Rendam buah dan sayur dengan larutan cuka selama 10-20 menit.
3.Bilas dengan air mengalir untuk membuang kotoran yang telah terangkat.

Cara ini relaif lebih gampang dibandingkan jikalau Anda harus mengrik satu persatu kulit buah dengan sikat atau pisau. Ada cara yang ketiga yaitu cukup efektif menghilangkan kotoran yang menempel di buah dan sayur. Kemampuan garam sebagai antiseptic bisa menghindarkan Anda dan keluarga dari basil yang menempel di buah dan sayur.

1. Gunakan garam dicampur air bersih.
2. Rendam buah dan sayur
3. Bilas dengan air mengalir.
4. Simpan di lemari pendingin.

0 comments:

Post a Comment