Saturday, May 9, 2020

Manfaat Dan Khasiat Bawang Merah Untuk Kesehatan

 tumbuhan ini merupakan kepingan dari bumbu berabgai asakan Asia Tenggara dan dunia Manfaat dan Khasiat Bawang Merah untuk Kesehatan
Manfaat Bawang Merah

Manfaat bawang merah, Dengan nama latin Allium ascalonicum, tumbuhan ini merupakan kepingan dari bumbu berabgai asakan Asia Tenggara dan dunia. Sebutannya di Jawa yakni brambang. Bagian yang paling popular dari tumbuhan ini yakni umbinya. Meskipun demikian, kepingan lainnya menyerupai daun dan bunganya juga sering dimanfaatkan sebagai sayuran atau sebagai rempah-rempah. Beberapa ciri khas dari tanaman bawang yakni sebagai berikut:
- Tanaman musiman.
- Umbi berlapis.
- Memiliki akar serabut, dan daun berbentuk silinder berongga.
- Umbi terbentuk dari pangkal daun yang bersatu dan membentuk batang yang berubah bentuk dan fungsi, membesar dan membentuk umbi berlapis.

Kandungan dalam bawang yakni vitamin C, kalium, serat, asam folat, kalsium, zat besi, juga zat pengatur tumbuh alami berupa hormone auksin dan giberelin. Kegunaannya selain menjadi bumbu yakni menjadi obat tradisional, alasannya yakni kandungan efek antiseptic dan senyawa alliin. Senyawa alliin oleh enzim alliinase selanjutnya diubah menjadi asam piruvat, ammonia, dan alliisin sebagai anti mikoba yang bersifat bakterisida.

Namun, hati-hati juga dalam menggunakannya, alasannya yakni si bawang merah memilki kelembapan berlebih yang menjadikan pusing, menggelapkan penglihatan migraine, sakit kepala, dan menjadikan gas. Selain itu, kalau terlalu banyak mengonsumsinya, maka bisa mengakibatkan wangi verbal dan napas. Faktanya antara lain:
- Efek wangi pada bawang merah bisa hilang jika  dikonsumsi dalam keadaan matang.
- Dalam keadaan terpotong, bawang merah gampang terkotori dan membahayakan.
- Bawang merah yang beracun bisa mengakibatkan abuh lambung yang buruk.
- Bawang merah memilki daya tarik yang besar bagi bakteri.
- Bawang merah berair mempunyai kemampuan menarik dan menumbuhkan bakteri, bahkan lebih cepat daripada mayones komersial yang akan muali rusak.

Itulah manfaat dari bawang merah agar bermanfaat.

0 comments:

Post a Comment