Wednesday, May 20, 2020

Manfaat Dan Khasiat Buah Nanas Untuk Kesehatan


Manfaat dan Khasiat Buah Nanas untuk Kesehatan Manfaat dan Khasiat Buah Nanas untuk Kesehatan
Manfaat dan Khasiat Buah Nanas untuk Kesehatan

Manfaat Buah Nanas, Buah ini begitu popular sebagai salah satu buah yang biasa dibentuk rujak. Buah ini berasal dari Brazil dan sring disebut nenas atau ananas ini merupakan flora yang berhabitat di tempat tropis. Nama latin buah ini ialah Ananas comosus, sedangkan nama nanas sendiri bahu-membahu berasal dari kata “anana” yang artinya “buah yang sangat baik”, sebutan yang biasa dilakukan orang-orang Tupi. Buah nanas ini juga disebut pineapple oleh orang Barat ini mempunyai topi yang indah pada bab atas buahnya ini tergolong family Bromeliaceae. Pohon nanas umumnya pendek, berdaun panjang ibarat daun pandan dengan sisi-sisnya memilki duri yang tajam.


Dalam buku berjudul “Atlas Tumbuhan Obat Indonesia” yang dibentuk oleh Dr. Setiawan Dalimartha, dijelaskan  bahwa buah nanas juga berpotensi sebagai flora kesehatan yang sanggup menyembuhkan beberapa penyakit tertentu. Misalnya kandungan enzim bromelain pada buah ini berpotensi sebagai obat antri radang, mengurangi pembengkakan, dan sanggup membantu melancarkan pencernaan, lantaran efeknya yang sanggup melunakkan masakan di lambung. Di samping itu, zat ini juga sanggup menghalangi perkembangan sel kanker dan mencegah terjadinya penggumpalan darah (blood coagulation) dan juga sanggup membantu mempercepat proses penyembuhan luka.

Keberadaan enzim bromelain juga sangat bermanfaat dalam membantu menyeimbangkan kadar asam dalam darah. Kandungan air yang berlebih pada badan kita sanggup berkurang jikalau rajin mengonsumsi buah nanas ini, sehingga efeknya sanggup membantu menyembuhkan penyakit Edema. Pada buah nanas juga mengandung zat asam aspartic yang fungsinya sanggup membuang asam ammonia yang merupakan racun  berbahaya dari dalam badan kita. Sedangkan kandungan seratnya yang cukup tinggi sanggup membantu melancarkan proses BAB (Buang Air Besar). Bagi orang yang sakit sangat dianjurkan mengonsumsinya, lantaran di dalamnya terdapat beberapa zat yang sanggup membantu perembesan obat di dinding usus.

Buah bersisik pada kulitnya dan rasa daging buahnya yang asam ini ternyata sanggup meningkatkan sistem pertahanan tubuh. Nanas sanggup meyembuhkan beberapa penyakit yang mengerikan ibarat tumor, aterosklerosis (penyempitan pembuluh darah), dan beri-beri, lantaran nanas mengandung vitamin A, vitamin C, besi, magnesium, kalsium, fosfor, natrium, kalium, sukrosa, dekstrosa, dan enzim bromelain. Buah dan daun nanas ternyata juga sangat efektif untuk perawatan kecantikan. Enzim yang terdapat dalam daun dan buahnya sanggup membersihkanjaringan kulit yang mati (ski debriment). Pada sebuah penelitian yang dilakukan sekelompok andal terhadap binatang tikus yang terkena luka bakar, terbukti enzim yang terdapat dalam daun dan buah nanas sanggup memperbaiki jaringan kulit yang mati. Enzim tersebut bekerja secara konsisten hingga jringan kulit yang gres muncul menggantikan jaringan usang yang rusak.

Disamping bermanfaat, dampak negatif mengonsumsi buah nanas tentu saja ada. Oleh alasannya itu, kita harus berhati-hati dan bijkasana dalam memanfaatkan. Beberapa imbas negatif mengonsumsi buah nanasyang harus diwaspadai adalah:
- Bagi penderita rematik, sebaiknya jangan mengonsumsi buah ini. Ketika buah nanas yang kita konsumsi sudah berada dalam susukan pencernaan, maka masakan tersebut akan terfermentasi menjadi alkohol yang sanggup merangsang timbulnya rematik.
-Bagi sebagian orang, terlalu banyak mengonsumsi buah nanas beresiko menimbulkan sakit kepala dan reaksi alergi dengan tanda-tanda ibarat kulit menjadi merah dan gatal. Oleh lantaran itu, untuk mengurangi dampak negatif tersebut, sanggup dilakukan dengan cara merendam potongan buah nanas tersebut ke dalam air hangat yang sudah dicampur garam secukupnya. Pada perkara alergi yang cukup serius, dampaknya sanggup menciptakan bibir dan verbal menjadi bengkak.
-Bagi perempuan yang sedang hamil muda, sebaiknya menghindari makan buah nanas terutama nanas muda, lantaran mempunyai sifat antelmintik dan abortivum yang sanggup memicu kontraksi, sehingga berpotensi menggugurkan kandungan. Di sisi lain, bagi perempuan yang terlambat haid justru sanggup membantu dalam memperlancar haid.
-Bagi penderita diabetes, sebaiknya jangan mengonsumsi nanas secara berlebihan. Zat gula yang dikandung dalam buah ini cukup tinggi dan sangat berbahaya bagi penderita diabetes.

0 comments:

Post a Comment