Sunday, May 24, 2020

Manfaat Khasiat: Manfaat Dan Khasiat Buah Cokelat

 dibalik lezatnya cokelat dengan nama latin Manfaat Khasiat: Manfaat dan Khasiat Buah Cokelat
Manfaat dan Khasiat Buah Cokelat


Manfaat dan khasiat dibalik lezatnya cokelat dengan nama latin Theobroma cacco awalnya banyak tumbuh di beberapa hutan tropis di tempat Amerika Tengah dan Amerika Selatan penggalan utara. Tanaman yang banyak mempunyai manfaat dan khasiat ini diolah menjadi masakan oleh suku Indian Maya dan Suku Astec jauh sebelum kedatangan Christopher Colombus yang menemukan Benua Amerika. Ketinggian pohon cokelat bisa mencapai sekitar 5-10 m dan bisa tumbuh dalam umur panjang hingga tahunan.

Ciri-ciri tumbuhan cokelat yaitu :
1. Daunnya berwarna hijau.
2. Buahnya berasal dari penyerbukan bunga.
3. Bentuk buahnya agak menyerupai buah papaya berbentuk lonjong, dan berujung lancip menyerupai gasing.
4. Warna buahnya hijau saat masih muda, lalu menjelma cokelat, ungu, atau kuning, tergantung dari jenisnya.
5. Dalam buahnya terdapat biji yang diselimuti salut biji (aril) lunak berwarna putih dan rasanya enak, bagus dengan sedikit asam.

Tanaman cokelat yang banyak manfaat dan khasiat biasanya diolah menjadi tepung supaya gampang dipakai untuk materi gabungan masakan lainnya, menyerupai minuman es krim, biscuit, dan kue. Cokelat juga bisa menjadi materi dasar dalam pengolahan susu cokelat yang banyak kandungan dan manfaat untuk pertumbuhan hingga banyak sekali jenis masakan ringan menyerupai permen, camilan bagus cokelat, dan roti cokelat (brownies), hingga cokelat batangan. Manfaat cokelat diluas dalam Journal of the American College of Cardiology, melansir peneliti Swedia yang meneliti lebih dari 33 ribu perempuan, menyimpulkan bahwa mereka yang lebih banyak memakan cokelat mempunyai risiko terjangkit stroke yang semakin kecil. Faktanya orang yang senang memakan cokelat berisiko lebih rendah 37% terjangkit penyakit kardiovaskular dan lebih rendah 29% risiko penyakit stroke.


· Meningkatkan fatwa darah ke otak.
· Orang yang mengonsumsi cokelat hitam sebelumnya makan sanggup memperoleh kalori 15 persen lebih sedikit dan tidak terpengaruhi untuk mengonsumsi masakan berlemak.
· Kandungan phenethylamine dalam cokelat sanggup memicu pelepasan endorfin, yang menyerupai dengan perasaan saat orang jatuh cinta.
· Dalam cokelat mengandung senyawa anandamine, yang sanggup mengaktifkan reseptor otak, sehingga menyebabkan imbas bahagia.

Namun, walau sangat bermanfaat dan berkhasiat, tetap harus berhati-hati dengan mengonsumsi tanamannya secara langsung, sebab dalam cokelat terdapat zat teobromin yang bisa menjadi racun dan berbhaya bagi binatang tertentu yang mengonsumsinya. Beberapa binatang yang rentan terkena racun dalam teobromin di antara yaitu kuda, anjing, burung abang tua, tikus-tikus jenis kecil, dan kucing. Penyebabnya yaitu sebab metabolisme badan mereka tidak sanggup mencerna kandungan kimia ini secara efektif.

Gejala yang ditimbulkan adalah:

1.Epilepsi dan kejang-kejang
2.Serangan jantung
3.Pendarahan internal
4.Muntah darah
5.Air liur keluar jauh lebih banyak
7.Sulit berdiri
8. Menyebabkan kematian

Gejala ini diakibatkan sebab ada kandungan teobromin yang akan tetap berada dalam fatwa darah mereka selama 20 jam. Cara mengatanya yaitu mengupayakan supaya hewan-hewan ini memutahkan kembali cokelat yang sudah ditelannya dan secepatnya mengantar mereka ke dokter hewan. Faktanya  kadar cokelat yang bisa membunuh seekor anjing berbobot sekitar 10 kg diharapkan sekitar 250 gram cokelat. Berita baiknya, ternyata tidak seluruh cokelat mengandung zat Theobromine yang sama. Berikut ini akan ditampilkan daftar cokelat yang mengandung zat Theobromine, mulai dari yang kadarnya terendah hingga yang tertinggi, yaitu :

· Cokelat putih
· Cokelat cair (berasal dari bubuk)
· Cokelat susu
· Cokelat mentah
· Bubuk cokelat
· Biji cokelat

0 comments:

Post a Comment