Tuesday, July 28, 2020

4 Hal yang Wajib Kamu Ketahui Sebelum Berinvestasi Obligasi


Dari sekian banyaknya jenis investasi yang ada, pastinya kamu ingin memilih investasi dengan resiko rendah tapi sekaligus dapat memberikan keuntungan maksimal. Salah satu investasi yang bisa kamu pilih adalah investasi obligasi.

Obligasi adalah jenis investasi yang cocok bagi kamu yang sudah terbiasa menabung melalui produk deposito atau juga kamu yang membutuhkan pilihan untuk melakukan diversifikasi investasi. Selain itu, kalau kamu memiliki financial goal jangka panjang, maka beli obligasi tepat banget buat kamu lakukan.


Nah, sebelum kamu terjun ke dunia pasar obligasi, ada 4 hal dulu nih yang sebaiknya kamu tahu agar kamu lebih mengerti tentang investasi ini dan nggak salah ambil langkah.

1.            Apa itu obligasi?

Obligasi adalah surat utang yang diterbitkan oleh pihak yang berutang kepada pihak yang berpiutang. Jadi sederhananya, obligasi adalah surat utang yang bisa dibeli dan pembeli nantinya akan mendapat keuntungan berupa bunga.

Di dalam obligasi sendiri berisi tanggal jatuh tempo pembayaran utang dan bunganya. Salah satu obligasi yang banyak diminati adalah Obligasi Republik Indonesia (ORI) yang dikeluarkan oleh Pemerintah Indonesia.

2.            Apakah saja keuntungan obligasi?

         Kalau kamu membeli obligasi, kamu bisa mendapatkan keuntungan berupa kupon atau bunga yang bisa cair dalam jangka waktu tertentu.
         Kamu juga bisa memperoleh keuntungan yang diperoleh dari selisih harga surat utang (dalam persentase) setelah diperdagangkan, yang biasanya disebut dengan capital gain.
         Aman
         Suku bunga obligasi lebih tinggi dibandingkan bunga deposito. Jadinya investasi kamu pun akan lebih cepat berkembang.
         Mudah untuk diperdagangkan di Pasar Sekunder yang diatur mekanisme Bursa Efek Indonesia (BEI) atau transaksi di luar bursa.

3.            Apa itu secondary bond?

Secondary bond adalah penjualan obligasi yang dilakukan dan investor ke investor, setelah IPO dilaksanakan. Misalnya saja, Pemerintah mengeluarkan ORI. Bila kamu langsung membeli dari pemerintah, maka itu adalah Primary Market. Sedangkan bila kamu membelinya lewat mitra-nya, yaitu digibank by DBS, maka obligasi yang kamu beli itulah yang dinamakan secondary bond.

4.            Bagaimana cara membeli Government Bonds?

Kamu bisa membeli obligasi melalui mitra yang ditunjuk oleh pemerintah, seperti digibank by DBS. Caranya gampang sekali, lho. Kamu cukup mengunduh aplikasi digibank by DBS, lalu setelah log in, kamu bisa melakukan pembelian obligasi online di sana.

Jangan kuatir kalau kamu termasuk orang yang cukup sibuk, investasi pun lebih nyaman dilakukan online, karena semua transaksi yang berkaitan dengan pembuatan SID, pemesanan, pembelian, pembayaran, dan penjualan kembali obligasi kamu bisa dilakukan lewat smartphone via aplikasi digibank by DBS tanpa harus pergi ke cabang.

Selain itu, dengan margin yang kompetitif dan juga varian produk yang lengkap, kamu bebas memilih investasi obligasi yang sesuai dengan keinginan. Dan yang paling asyik, nilai minimum pembeliannya sangat terjangkau, yaitu mulai dari Rp 1 juta saja, lho! Apalagi, pembayaran kupon dilakukan setiap bulannya di tanggal yang sama. Dengan demikian, kamu dapat dengan mudah mengatur cash flow keuangan kamu.

Nah, sudah cukup jelas kan informasi tentang 4 hal yang wajib kamu ketahui sebelum berinvestasi obligasi di atas? Kalau kamu sudah merasa mantap mau memilih investasi obligasi, langsung download saja aplikasi digibank by DBS sekarang juga atau kunjungi website-nya untuk informasi yang lebih lengkap.

0 comments:

Post a Comment